Minggu, 13 November 2016

Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa, Bahasa, Agama, dan Budaya

A. Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa

            Setiap suku bangsa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Keragaman suku bangsa, akan menyebabkan keragaman budaya, bahasa, teknologi, dan sebagainya. Sesungguhnya keragaman suku bangsa di Indonesia merupakan potensi pembangunan bangsa Indonesia. Perbedaan suku bangsa yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan potensi yang perlu kita banggakan, karena kekayaan bangsa. Setiap suku bangsa memiliki keunggulan, berbagai keunggulan tersebut harus di kelola dengan baik. Setiap suku bangsa saling mengisi dan melengkapi sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan hebat.
           Setiap suku bangsa memiliki kemampuan yang berbeda-beda.Sebagai contoh suku bangsa yang tinggal dipulau jawa rata-rata pandai dalam bidang pertanian,suku bangsa didaerah kepulauan pandai dalam bidang pelayaran atau nelayan. Fungsi dan peran keragaman suku bangsa yaitu saling memahami budaya dan saling bertoleransi baik antar suku dan bangsa,atau antar umat beragama.Keragaman suku bangsa di Indonesia merupakan potensi pembangunan bangsa Indonesia.Setiap suku bangsa memiliki keahlian,teknologi dan kebudayaan bawaan yang diturunkan oleh nenek moyang.Apabila kamu tinggal dikota,maka kamu akan menemukan keragaman suku bangsa dari seluruh Indonesia.Ada beberapa jenis pekerjaan yang banyak dikerjakan oleh masyarakat dari berbagai suku bangsa.


BFungsi dan Peran Keragaman Bahasa

a. Bahasa sebagai alat   komunikasi
             Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat berhubungan dan berinteraksi dengan sesama manusia. Melalui bahasa, manusia dapat menyampaikan segala pesan yang ada didalam akal pikiran.

b. Bahasa sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri
             Bahasa yang terucap merupakan bentuk ekspresi untuk mengungkapkan perasaan manusia. Bahasa, merupakan sarana untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam diri seseorang, baik berbentuk perasaan, pikiran, gagasan, dan keinginan yang dimilikinya.

c. Bahasa sebagai alat kontrol sosial
            Sebagai alat kontrol sosial, bahasa sangat efektif diterapkan pada individu atau masyarakat. Berbagai informasi dan pendidikan, disampaikan melalui bahasa. Buku-buku pelajaran dan buku-buku panduan, adalah salah satu contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial. 


C. Fungsi dan Peran Keragaman Agama

a. Pendidikan
           Fungsi dan peran agama berkaitan dengan pengajaran pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus dimiliki manusia. Setiap agama, pasti mengajarkan berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan di dunia dan akhirat. Agama juga mengajarkan nilai-nilai atau sikap yang seharusnya dilakukan umat manusia dalam berhubungan dengan Tuhan dan sesama manusia.

b. Penyelamat
          Agama adalah sebagai petunjuk manusia untuk mencapai keselamatan dunia dan akhirat, karena itu, agama juga disebut sebagai penyelamat. Kitab suci adalah panduan yang selalu memberikan jalan hidup atau petunjuk bagaimana manusia dapat selamat dunia akhirat.

c. Kontrol Sosial
         Sebagai kontrol sosial, agama berfungsi mengatur bagaimana pranata hubungan sosial. Setiap agama memiliki norma-norma yang harus dipatuhi oleh para-penganutnya. Agama mengajarkan bagaimana menghormati orangtua, bersikap dengan orang lain, berhubungan didalam masyarakat, dan sebagainya. Dalam agama Islam, mengatur bagaimana norma berpakaian, bertingkah laku. 


D. Fungsi dan Peran Keragaman Budaya

a. Sebagai daya tarik bangsa asing
          Indonesia adalah salah satu tujuan wisata dari berbagai negara. Salah satu daya tarik wisatawan mancanegara, adalah: kekayaan budaya bangsa Indonesia. Contoh: kebudayaan yang masih berkembang di Bali, merupakan salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke sana. 

b. Mengembangkan kebudayaan nasional
            Kebudayaan nasional, adalah puncak dari kebudayaan-kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah, akan memperkaya kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional merupakan suatu kebudayaan yang didukung oleh sebagian besar warga suatu negara dan memiliki syarat mutlak bersifat khas dan dibanggakan, serta memberikan identitas terhadap warga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar